Ingin lebih fokus? Dengarkan musik klasik!

Ingin lebih fokus? Dengarkan musik klasik!

Jika merasa sulit fokus saat bekerja, coba dengarkan musik lantunan musik karya Mozart. Sebab penelitian terbaru menyebutkan bahwa musik klasik bisa meningkatkan konsentrasi baik itu anak-anak maupun orang dewasa untuk menyelesaikan sebuah tugas.

"Musik telah berkembang menjadi alat untuk menurunkan stres dan membantu manusia menyelesaikan tugasnya," tulis peneliti dari Kyoto University dan Harvard University.

Sebanyak 25 anak laki-laki berusia 8-9 tahun dan 25 orang dewasa berusia 65-75 tahun tepatnya terlibat dalam penelitian ini. Mereka diberi tes untuk mengukur kapasitas psikologis oleh para peneliti.

Responden pun menjalani tes selama tiga kali. Sementara musik klasik karya Mozart diputar sebagai latar belakang, kemudian sedikit dimodifikasi saat dimainkan selama percobaan, dan terakhir tidak diputar sama sekali ketika responden menjalani tes.

Hasilnya, terbukti bahwa responden anak-anak dan orang dewasa berhasil menyelesaikan tugasnya dengan lebih baik dan sedikit kesalahan saat musik klasik diputar.

Sebagaimana dilansir dari Medical Daily, musik Wolfgang Amadeus Mozart mulai muncul di tahun 1700-an. Mozart juga diakui sebagai salah satu komponis genius yang pernah ada. Ia mulai membuat musik di usianya yang ke-13 tahun. Mozart meninggal di usia 35 dan meninggalkan 600 karya yang luar biasa.

0 komentar:

Posting Komentar

"Komentar support Emoticon Standar"

Silahkan berkomentar dengan sopan dan bijak.