Musik Saat Operasi Kurangi Rasa Sakit Pasien

 

Mendengarkan musik sebelum operasi (Foto: Healthmeup) MUSIK ternyata bisa memberikan manfaat yang baik bagi para pasien yang akan melakukan operasi. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa musik membantu menenangkan pasien sebelum operasi.

Sebuah penelitian dari University of Kentucky meneliti penggunaan musik dalam tahap pra-operasi, operasi, dan pasca-operasi bedah. Dan musik terbukti memiliki hasil positif pada tiga tahap tersebut.

Terapi musik membantu menenangkan pasien sebelum, selama dan setelah operasi, selain mengurangi rasa sakit dan mempercepat waktu pemulihan, demikian yang dilansir Healthmeup.

Musik tenang, lembut, dan bertempo lambat dapat menghasilkan efek paling positif dan memberikan efek relaksasi dan pengurangan rasa sakit pada pasien. Pasien menjadi kurang cemas sebelum menjalani operasi dan lebih cepat pulih pasca-operasi setelah diputarkan musik selama tahap operasi dan pasca-operasi.

Untuk memaksimalkan efek positif, maka selera musik pasien pun menjadi pertimbangan. Karakteristik musik juga penting dalam terapi musik yang efektif. Di antara fitur-fitur lainnya, tempo, ritme, dan volume musik dapat dikontrol dengan hati-hati.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

"Komentar support Emoticon Standar"

Silahkan berkomentar dengan sopan dan bijak.