Sejarah Fourplay

Apabila ada di antara teman-teman sekalian memperhatikan alamat blog ini adalah http://fourplay1978.wordpress.com, barangkali muncul pertanyaan di dalam benak Anda, “Kenapa harus ‘fourplay’?”. Dan untuk orang-orang yang sudah lama mengenalku, kebanyakan sudah tahu bahwa hampir semua ID-ku rata-rata menggunakan “fourplay1978″.

Bagi seseorang yang belum mengenal Fourplay, barangkali akan tersenyum saat aku menyebutkan ID-ku, karena mereka seringkali akan salah menuliskannya dengan “foreplay1978″. “No..no.. it’s not foreplay. It’s fourplay.. f-o-u-r..”, tak jarang aku pun harus mengejanya. Kalo udah gitu ketahuan kan siapa yang pikirannya ngeres. Tapi ternyata dari sana aku dengan cepat menemukan orang-orang yang ternyata memiliki minat yang sama pada Fourplay. “Suka jazz juga, Mas?”, “Ini Fourplay grup musik jazz itu kan?”, begitulah kira-kira reaksi orang yang sudah mengenal Fourplay.

OK, Fourplay adalah sebuah band beraliran jazz, yang pada awal kemunculannya di tahun 1990 beranggotakan empat orang yang sangat luar biasa dan sangat kompeten di bidangnya masing-masing. Mereka adalah Bob James (keyboardist), Harvey Mason (drummer), Lee Ritenour (Guitarist), dan Nathan East (bassist/vocalist). Album pertama mereka bertitel “Fourplay” dirilis pada tahun 1991 dengan salah satu lagunya yang sampai sekarang aku masih sering merinding kalo mendengarkannya, “Wish You Were Here”.

Setelah meluncurkan tiga album, sang gitaris Lee Ritenour memutuskan untuk bersolo karir di sekitar tahun 1995. Posisinya digantikan oleh Larry Carlton. Debut pertama Carlton di Fourplay dibuktikan dengan dirilisnya album keempat bertitel “4″ di tahun 1998.

Dan di tahun 1998 inilah awal dimulainya aku mengenal Fourplay, yaitu dari salah seorang sahabat lamaku yang mengenalkanku pada grup musik ini dan telah berbaik hati mau meminjamkan kasetnya padaku. Semakin mendengarkan musik-musiknya, semakin aku jatuh hati pada grup musik ini. Karena begitu terpengaruhnya aku, hingga pada suatu hari aku membuat akun email Yahoo!, tiba-tiba spontan aku mengetikkan “fourplay” diikuti dengan tahun kelahiranku. Dan akhirnya, jadilah “fourplay1978″ sebagai ID-ku hingga hari ini.

Masih lanjut dengan sejarah Fourplay. Kabar terakhir, pada bulan Pebruari tahun 2010 ini, sang gitaris Larry Carlton, yang sudah lebih dari 12 tahun memberikan kontribusinya pada Fourplay, akhirnya juga memutuskan untuk bersolo karir. Yang menggantikannya adalah seorang gitaris bernama Chuck Loeb. Semoga dengan kehadiran Loeb di Fourplay bisa membawa grup ini semakin berjaya.

Berikut ini adalah daftar album-album yang pernah dirilis oleh Fourplay:
  • Fourplay (1991)
  • Between the Sheets (1993)
  • Elixir (1995)
  • Best of Fourplay (1997) – Album kompilasi
  • 4 (1998)
  • Snowbound (1999)
  • Yes, please! (2000)
  • Heartfelt (2002)
  • Journey (2004)
  • X (2006)
  • Energy (2008)
sumber

    0 komentar:

    Posting Komentar

    "Komentar support Emoticon Standar"

    Silahkan berkomentar dengan sopan dan bijak.