Musik Bisa jadi Obat Untuk Kesehatan


 Melodi bisa jadi lebih baik daripada obat-obatan. Dalam beberapa kasus, musik bahkan lebih kuat daripada perawatan medis.Bagaimana cara musik berfungsi sebagai obat? Berikut adalah beberapa studi yang menunjukkan bagaimana musik bisa membawa keajaiban dalam proses penyembuhan, dilansir care2.

Membantu penderita stroke berbicara cepat 

Sebuah penelitian yang dilakukan pada sekelompok penderita stroke di Finlandia menemukan bahwa mendengarkan lagu favorit mereka dalam proses penyembuhan membantu mereka mendapatkan kembali kemampuan untuk mengenali kata-kata dan berkomunikasi. Bila dibandingkan dengan penderita stroke yang tidak mendengarkan sama sekali. Mereka yang mendengarkan musik selama beberapa jam sehari mengalami pemulihan lebih cepat dari kemampuan verbal mereka.

Mengembalikan fungsi anggota tubuh pada penderita parkinson

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa terapi musik dapat membantu mengembalikan fungsi anggota tubuh secara keseluruhan pada penderita Parkinson. Dalam kasus-kasus tertentu, musik bahkan terbukti lebih efektif dalam membantu penderita Parkinson bergerak lebih baik dibandingkan terapi fisik tradisional. Menurut sebuah studi di Italia yang diterbitkan dalam, "Psychosomatic Medicine:. Journal of Medicine Biobehavioral" mengatakan terapi musik juga menaikkan kualitas hidup dan kebahagiaan bagi penderita parkinson.

Komposisi musik klasik menenangkan penderita penyakit jantung

Peneliti Jerman menemukan bahwa orang-orang yang sembuh dari operasi jantung terbuka memiliki tingkat stres lebih rendah setelah mendengarkan musik klasik.
Irama musik yang tenang dan santai juga membantu pasien tenang menjelang operasi. Dalam beberapa kasus, mendengarkan musik sebelum operasi lebih efektif menenangkan ketimbang obat penghilang rasa cemas.

Musik untuk mengelola kesedihan 

Seorang terapis musik dapat melakukan pelayanan, seperti membantu untuk membuat CD kompilasi lagu-lagu yang memiliki arti khusus bagi orang yang telah meninggal, menciptakan lagu tentang kehidupan seseorang. Memainkan melodi tertentu dimaksudkan untuk meringankan rasa sakit emosional dan fisik yang diderita seseorang. Terlebih pada mereka yang sedang sedih.

Ternyata musik membawa dampak yang baik pada kesehatan.Oleh karena itu jangan pernah bosan mendengarkan musik.

Sumber

2 komentar:

  1. terima kasih atas informasinya..
    kunjungi juga website kami city car

    sukses selalu

    BalasHapus
  2. harga toyota yaris bekas2 April 2014 pukul 14.09

    Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Toyota Yaris Bekas

    BalasHapus

"Komentar support Emoticon Standar"

Silahkan berkomentar dengan sopan dan bijak.