Musisi India, Ravi Shankar Meninggal Dunia



Pemain Sitar dan Komposer Ravi Shankar, yang membantu memperkenalkan sitar ke dunia Barat melalui kolaborasi dengan The Beatles, meninggal dunia di California. Dia meninggal dunia pada usia 92 tahun.

Shankar, pemenang tiga kali penghargaan Grammy sebagai terlegendaris pada 1967 di Festival Monterey dan Woodstock, sakit jantung dan pernafasan selama beberapa tahun. Dan Kamis (6/12) lalu menjalani operasi pergantian katup.

"Meskipun ini adalah waktu yang sangat menyentuh dan menyedihkan, saat ini juga merupakan waktu bagi kami semua untuk bersyukur bahwa kami memiliki dia sebagai bagian dari hidup kami," kata keluarga Shankar dalam sebuah pernyataan pers.

Dia akan hidup selamanya di dalam hati kami dan dalam musiknya," kata Sukanya, istri Shankar.

Operasi yang dijalankan sebenarnya berhasil, tetapi dia tidak dapat pulih.

"Tubuh Shankar tidak mampu bertahan saat operasi, kami berada di sisinya saat ia melewati maut," kata istrinya dan putri mereka Anoushka.

Shankar tinggal di dua negara India dan Amerika Serikat. Dia juga memiliki putri, yang memenangkan penghargaan Grammy menyanyi Norah Jones, tiga cucu dan empat cicit.

Shankar melakukan konser terakhi dengan putrinya Anouskha Shankar pada 4 November di Long Beach, California. Malam sebelum dia menjalani operasi, Shankar dinominasikan untuk penghargaan Grammy atas album barunya The Living Room Session, Part 1.

Shankar dipuji karena mempopulerkan musik India melalui karyanya dengan pemain biola Yahudi Menuhin dan The Beatles pada 1960-an.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

"Komentar support Emoticon Standar"

Silahkan berkomentar dengan sopan dan bijak.