Ingin Sehat? Main Saja Alat Musik


BERMAIN alat musik merupakan salah satu cara menghilangkan kebosanan. Namun demikian, ternyata bermain alat musik dapat menyehatkan badan.
Pada dasarnya, mendengarkan musik saja sudah banyak manfaat yang diperoleh, apalagi dengan bermain musik. Menurut beberapa penelitian, bermain alat musik dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan tumbuh kita.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari Leiden University Medical Center meneliti efek dari bermain alat musik. Pasalnya, bermain alat musik dapat menurunkan tekanan darah seseorang. Mereka meneliti 53 orang berusia 18 sampai 30 tahun yang terdiri dari musisi dan orang biasa. Alhasil, peneliti menemukan mereka yang bermain alat musik selama 2 jam per hari dapat menurunkan tekanan darah musisi, sedemikian dilansir MedicalDaily, Kamis (24/1/2013).

Penurunan tekanan darah ini dinilai dapat menurunkan risiko terserang penyakit jantung, kardiovaskuler, dan stroke di masa tua. Hal ini disebabkan mereka yang bermain alat musik memiliki saraf somatosensori baik. Saraf tersebut berfungsi mengatur aliran darah yang dipompa oleh jantung dan mengatur kadar kebahagian seseorang.

Selain itu, penelitian lain yang dilakukan oleh University of London mengungkapkan, bermain alat musik dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis. Mereka juga menambahkan, dengan bermain alat musik perasaan bahagia yang lebih besar akan muncul dengan sendirinya.


Kita sudah mengetahui berbagai manfaat dari bermain alat musik. Selain menghilangkan kebosanan, bermain alat musik dapat membuat sehat badan kita. Jadi, tunggu apalagi?

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

"Komentar support Emoticon Standar"

Silahkan berkomentar dengan sopan dan bijak.