Jenis Musik yang Didengar Pengaruhi Cara Mengemudi


INILAH.COM, London - Sebuah studi sederhana yang dilakukan oleh situs otomotif dan keuangan asal Inggris, Confused.com, menempatkan perspektif bahwa jenis aliran musik yang didengar selama berkendara ternyata pengaruhi cara menyetir. Benarkah?

Situs tersebut menggunakan aplikasi MotorMate untuk memantau perilaku pengemudi selama berkendara. Delapan peserta dalam studi tersebut menyetir selama dua sesi dalam jarak sepanjang 840 kilometer.

Sesi yang pertama tanpa menggunakan musik dan sesi yang kedua didampingi oleh musik dari genre yang berbeda dari klasik sampai heavy metal.

Hasilnya, musik heavy metal membuat pengemudi pria menyetir lebih agresif, dan pengemudi wanita melakukan hal yang sama ketika mereka mendengarkan musik hip-hop.

Sedangkan musik klasik menyebabkan pengemudi lainnya menyetir secara tidak menentu dibandingkan ketika tidak ada musik.

Seorang psikolog dari London University juga mendukung temuan ini.

"Musik yang bising, bersemangat dan meningkatkan detak jantung Anda sangat berbahaya karena iramanya yang cepat dapat menyebabkan kegembiraan dan gairah yang dapat membuat pengemudi lebih berkonsentrasi pada musiknya daripada jalan," ujarnya.

Dilansir Autoblog, situs tersebut juga merilis sepuluh lagu yang paling berbahaya jika didengarkan ketika sedang mengemudi.

Artis yang membawakan lagu-lagu tersebut cukup ternama dari bermacam genre musik, seperti musik pop-punk lewat Fall Out Boy, M.I.A, dan Steriogram, hard rock lewat Guns N' Roses dan Nickelback, hip-hop lewat The Black Eyed Peas dan Snoop Dogg, country lewat Johnny Cash, serta soul lewat Ray Charles. Namun anehnya tidak ada genre heavy metal dalam daftar itu.

Sepuluh lagu yang dianggap tidak aman untuk didengar saat mengemudi adalah Hey Mama (The Black Eyed Peas), Dead on Arrival (Fall Out Boy), Paper Planes (M.I.A), Walkie Talkie Man (Steriogram), Paradise City (Guns N’ Roses), How You Remind Me (Nickelback), Hit the Road, Jack (Ray Charles), Get Rhythm (Johnny Cash), Heartless (Kanye West) dan Young, Wild & Free (Snoop Dogg & Wiz Khalifa feat. Bruno Mars).

Sumber

Mungkin salah satu lagu favorit anda di atas,.?

0 komentar:

Posting Komentar

"Komentar support Emoticon Standar"

Silahkan berkomentar dengan sopan dan bijak.